Minggu, 05 Januari 2014

Pembuatan Simulasi Efek Doppler pada Adobe Flash CS3


  1. Jalankan Adobe Flash  pada komputer anda
  2. Buka File Baru. Pilih Actionscript 2.0.
  3. Ubahlah nama layer Layer 1 menjadi Objek. Layer objek ini disediakan untuk menyimpan objek-objek persegi panjang dan variable perhitungan.
  4. Double klik Layer 1
  5. Beri nama baru Objek à Enter.
  6. Import gambar yang dibutuhkan.
  7. Setelah layerObjek dibuat, langkah selanjutnya adalah meletakkan objek-objek yang berada di Library
  8. Cari objek latar dari Library
  9. Drag objek ke stage.
  10. Pada panel properties, set kordinat objek latar menjadi x = 0 dan y = 0
  11. Cari objek mobil dari Library
  12. Drag objek ke stage
  13. Pada panel properties, isi instance name dengan nama mobil kemudian set koordinat objek mobil menjadi x = 900 dan y = 270
  14. Cari objek tulisan dari Library
  15. Drag objek ke stage seperti gambar
  16. Buatlah input teks dengan text tool
  17. Letakkan objek input teks seperti contoh berikut:
  18. Isi nama variable untuk input teks pertama dengan nama vmobil
  19. Sama seperti langkah sebelumnya, buatlah input teks baru yang kedua dan letakkan di stage.
  20. Isi nama variable dengan nama fsirine
  21. Terakhir, untuk teks, tambahkan dynamic teks ke stage.
  22. Isi nama variable dengan nama fdidengar
  23. Langkah selanjutnya adalah menambahkan suara sirine agar animasi lebih terasa hidup dengan adanya suara.
  24. Cari objek sirine di panel Library
  25. Klik kanan di objek sirine dan pilih Linkage
  26. Isi nama identifier dengan nama sirine, nama inilah yang akan digunakan di script, dan jangan lupa untuk menceklis Export or ActionScript
  27. Setelah itu, buatlah symbol baru dengan mengeklik menu Insert pada menubar dan pilih New Symbol.
  28. Isi nama untuk symbol baru dengan nama suara_sirine
  29. Pastikan anda masuk ke dalam menu edit objek suara_sirine, lihat gambar:
  30. Klik frame pertama layer 1 suara_sirine
  31. Pada panel properties, pada menu sound piih sirine
  32. Set properties sound seperti pada hasil akhir.
  33. Kembali ke Timeline, pada frame 11 layer 1, klik kanan >Insert Frame
  34. Tampilan setelah di insert frame
  35. Setelah itu, kita kembali ke stage utama dengan cara mengklik tanda Scene 1.
  36. Setelah kembali ke stage utama, insertkan objek yang tadi telah diedit ke stage
  37. Drag objek ke stage.
  38. Setelah semua objek di Library telah diletakkan di layerObjek, langkah selanjutnya adalah menambah layer baru untuk Action Script.
  39. Pada panelTimeline, klik insert layer
  40. Beri nama layer baru dengan nama action
  41. Langkah selanjutnya adalah memberi script pada frame pertama layer action
  42. Klik kanan frame 1 layeractionà klik Actions
  43. Script:

Script pertama:
Script pertama ini berupa deklarasi awal nilai.Script pertama ini ditulis di frame 1, layer Action.
1
2
3
4
5
6
7
8
9
//deklarasi
suara = new Sound(sirine);
 
stopAllSounds();
 
vmobil = 50
fsirine = 500
 
fscommand("fullscreen",true);

Script kedua:
Tambahkan Keyframe baru di frame ke-2 dengan cara mengklik kanan dan InsertKeyframe.Tulis script yang kedua sebagai berikut:
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
//deklarasi volume suara sirine
pangkat = (800 - Math.abs(mobil._x - 400))/100;
vol = Math.pow(2,pangkat)/2.5;
 
//mobil gerak
mobil._x = mobil._x - vmobil;
if(mobil._x< -100){
mobil._x=900;
}
 
 
//atur suara sirine mobil
_root.suara.setVolume(vol);
 
 
//rumus
if (mobil._x> 400){
fdidengar = fsirine * (340 /(340 - 1*vmobil)); // mobil mendekati pendengar
} else {
fdidengar = fsirine * (340 /(340 + 1*vmobil)); // mobil menjauhi pendengar
}                                                                                   
 
 


Script ketiga:
Seperti contoh sebelumnya, Insert Keyframe pada frame ketiga layer Action. Tulis script yang ketiga sebagai berikut:
1
gotoAndPlay(2); //loop ke frame 2;

LayerAction memakan tempat 3 frame, sedangkan layer objek hanya 1 frame, hal ini akan menyebabkan objek-objek yang berada di layer objek hanya akan ditampilkan di 1/3 waktu awal saja, sedangkan objek-objek didalamnya masih kita perlukan di frame ke 2 dan 3. Oleh karena itu kita tambahkan frame layer objek sampai frame ketiga.


Lakukan test movie, ctrl + Enter


0 komentar:

Posting Komentar

 
Follow @first_alif Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free! Submit Your Site To The Web's Top 50 Search Engines for Free!